Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arsip Penting untuk Penyelenggaraan Pemerintahan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Agustus 2020 - 20:05 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor berpendapat bahwa arsip penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Terutama sebagai pusat ingatan. 

"Selama ini, kelemahan di instansi pemerintahan daerah ini adalah tidak adanya bidang kearsipan," ujar Halikinnor Kamis, 27 Agustus 2020. 

Bidang kearsipan sendiri harusnya dikeloloa oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotim. Namun hingga saat ini pegawai yang ahli dibidang kearsipan tidak ada. Sehingga, pengelolaan kearsipan tidak  terkelola dengan baik. 

Kearsipan mempunyai peranan yang penting sebagai pusat ingatan, serta sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi perangkat daerah. Dalam rangka kegiatan perencanaan, menganalisa, pengembangan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, pertanggungjawaban, penilaian, dan lainnya. 

"Lemahnya kondisi pengelolaan arsip di sebagian besar instansi pemerintah karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kearsipan. Baik tenaga fungsional ataupun SDM yang dilatih," terang Halikinnor. 

Oleh sebab itu, pemerintah Kotim sendiri akan berupaya untuk mengangkat tenaga kontrak atau melatih SDM yang ada agar bidang kearsipan bisa berjalan. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru