Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

7 Langkah Strategis untuk Bangkitkan Koperasi dan UMKM saat Pandemi Covid-19

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Agustus 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Barito Timur, Ina Karuniani Gandrung mengungkapkan langkah strategis perlu dilakukan untuk membangkitkan kembali koperasi dan UMKM di tengah pandemi covid-19 maupun pasca.

"Setidaknya ada 7 langkah strategis yang bisa dilakukan pada saat ini dan diselaraskan oleh pemerintah pusat ke daerah melalui Kementerian Koperasi dan UKM RI," kata Ina di Tamiang Layang,  Minggu, 30 Agustus 2020.

Berikut 7 langkah strategis tersebut:

1. Mengatur ulang konsep pembangunan ekonomi rakyat ke arah sistem perekonomian yang lebih berkeadilan dan kekeluargaan sebagaimana diamanatkan undang-undang dasar 1945 pasal 33.

2. Hingga 3 tahun ke depan menyiapkan skema pembiayaan pandemi covid-19 bagi koperasi dan UMKM yang tidak rumit dengan pola penyaluran pembiayaan yang dapat dimanfaatkan langsung oleh pelaku koperasi dan UMKM untuk kembali menjalankan usahanya.

3. Pengembangan produk lokal unggulan bidang pertanian, peternakan, dan perikanan mulai dari pengolahan hingga pemasaran secara terintegrasi sebagai basis usaha koperasi dan UMKM.

4. Sinergi antara pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan ekonomi rakyat.

5.Penyiapan peraturan dan ketentuan yang mendukung pelaksanaan pengaturan ulang konsep pembangunan ekonomi rakyat.

6. Peningkatan usaha dan penguatan digitalisasi produk-produk koperasi dan UMKM.

7. Evaluasi dari segenap pemangku kepentingan koperasi dan UMKM secara terstruktur dan berkelanjutan berbasis dashboard management system. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru