Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sekadau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Kobar Bakal Lakukan Sensus Penduduk Mulai 1 Hingga 15 September 2020

  • Oleh Wahyu Krida
  • 31 Agustus 2020 - 16:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk mendapatkan data kependudukan terbaru, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal melakukan sesnsus penduduk mulai tanggal 1 hingga 15 September 2020.

Kepala BPS Kabupaten Kobar Yul Ismardani, Senin, 31 Agustus 2020 usai kegiatan Kick Off Sensus Penduduk 2020 secara online seluruh kabupaten/kota se Kalteng yang juga  diikuti oleh Bupati Kobar Nurhidyah menjelaskan mengenai kegiatan sensus penduduk tersebut.

"Untuk di Kabupaten Kobar kami akan menurunkan 230 petugas sensus yang bakal disebar untuk mendata penduduk di 6 kecamatan di Kabupaten Kobar," jelas Yul Ismardani.

Yul Ismardani menjelaskan sensus penduduk yang digelar selama 15 hari ini sebagai tindak lanjut sensus penduduk online yang telah dilakukan 15 Februari hingga 29 Mei 2020.

"Sensus penduduk yang digelar mulai 1 September ini selain bertujuan verifikasi serta melengkapi pendataan bila ditemukan adanya kesalahan atau belum terinputnya data penduduk dalam sensus penduduk online, juga mendata berapa banyak penduduk di Kabulaten Kobar yang telah memiliki nomor induk kependudukan (NIK) Kobar, memiliki NIK luar kobar atau bahkan belum memiliki NIK," ungkapnya.

Karena itulah, lanjut Yul Ismardani, dengan membawa data NIK dari Disdukcapil Kabupaten Kobar, petugas sensus bakal melakukan pendataan agar bisa diperoleh data sensus yang bisa lebih akurat.

"Sehingga dengan diperolehnya data yang lebih akurat mengenai jumlah penduduk, pekerjaan dan lainnya bisa diperoleh data yang lebih update mengenai penduduk dalam satu wilayah. Jadi data itulah yang namtinya bisa dimanfaatkan untuk memberikan bantuan sosial dan lain sebagainya. Hasil sensus ini bakal dikumpulkan dan diolah terlebih dahulu sebelum dirilis ke masyarakat," tutur Yul Ismardani.(WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru