Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Wali Kota Palangka Raya Ajak Warga Sukseskan Sensus Penduduk Lapangan

  • Oleh Hendri
  • 01 September 2020 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengajak warganya proaktif untuk menyukseskan sensus penduduk lapangan yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

BPS secara serentak memulai pendataan lapangan pada 1 September 2020 sebagai kelanjutan fase pertama pencatatan populasi secara online yakni pada 15 Februari sampai 29 Mei 2020 lalu.

"Ayok kita sukseskan dengan cara menerima petugas yang datang dan mengisi formulir sensus dengan jujur," kata Umi, Selasa 1 September 2020.

Umi Mastikah menjelaskan, sensus penduduk memiliki dua fungsi utama. Pertama hasil sensus akan memberikan informasi karakteristik, jumlah, dan distribusi penduduk.

Kedua, hasil sensus menjadi parameter demografi, proyeksi penduduk, serta indikator sustainable development goals (SDG’s).

Keduanya akan digunakan pemerintah untuk merencanakan pembangunan fasilitas umum, hingga program kesejahteraan masyarakat.

"Sensus penduduk juga tidak hanya digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pembangunan, namun juga sebagai sumber data untuk antisipasi hal-hal yang akan terjadi di masa depan," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru