Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

89 Hotspot Terpantau di Barito di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 02 September 2020 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dari Januari hingga Agustus 2020 sebanyak 28 hotspot terpantau di Barito Selatan. demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya, Rabu, 2 September 2020.

“Berdasarkan data pemantauan sebanyak 89 hotspot atau titik panas terdeteksi di Barito Selatan dari Januari-Agustus 2020,” kata Alip Suraya.

Ia merinci, pada bulan Januari  hanya 1 titik api yang terpantau, kemudian Febuari sebanyak 9 titik api, Maret 6 hotspot, April 7 titik api, Mei 7, Juni 6, Juli 8 dan Agustus 45 titik api terpantau.

Saat ini Barsel, lanjut dia, telah ditetapkan status siaga Karhutla. Oleh sebab itu selama status belum dicabut masyarakat tidak boleh melakukan pembakaran dalam bentuk apapun.

Meski didalam Perda 1 Provinsi Kalteng diperbolehkan membakar 1 hektar, namun selama status siaga masyarakat tidak bisa.

“Oleh sebab itu sekali lagi untuk sementara selama status siaga Karhutla masyarakat tidak diperbolehkan membuka lahan dengan membakar,” tandas dia.

Ia pun meminta kepada masyarakat untuk menginformasi secepatnya apabila ada terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Setiap kecamatan, lanjut dia, dibentuk Posko Karhutla untuk kesiapsiagaan dalam menghadapidan mengantisipasi terjadinya Karhutla. Dan disetiap Desa juga telah ada Masyarakat Peduli Api (MPA).

Pada saat ini, masing-masing instansi terkait sudah melakukan kesiapan, dan pihaknya juga secara rutin telah melakukan simulasi untuk mempersiapkan mental personel. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru