Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Warga Palangka Raya Gunakan Masker Dinilai Belum Maksimal

  • Oleh Hendri
  • 16 September 2020 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah menilai kesadaran warga menggunakan masker masih belum maksimal. Bahkan jika dipersentasekan masih berada di angka 70 persen. 

Umi mengatakan setelah dijalankannya penegakan terhadap Perwali Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi di kota setempat, sejumlah titik telah disisir petugas untuk menindak masyarakat yang masih mengabaikan peraturan dan protokol kesehatan. 

Pada razia penggunaan masker didominasi oleh muda-mudi dengan beralasan lupa membawa masker saat beraktivitas di luar rumah. Tanpa banyak perlawanan, mereka bersedia menerima sanksi serta berjanji untuk lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. 

"Sejauh ini, kesadaran masyarakat untuk gunakan masker masih belum maksimal. Sekitar 70 persen saja yang benar-benar sadar. Harapannya melalui Perwali ini beserta sanksi dan efek jeranya, masyarakat bisa sadar bahwa penggunaan masker sangat vital untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," bebernya. 

Selain menindak pelanggaran secara perseorangan khususnya yang tak memakai masker, Tim Satgas akan tetap melakukan patroli pengawasan pada tempat usaha dan hiburan untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan oleh para pelaku usaha.

Selain itu, asistensi dan pendampingan pada kegiatan masyarakat seperti resepsi pernikahan  maupun rapat terbuka tetap dijalankan. 

"Penegakan serta upaya menekan angka penyebaran kasus Covid-19 akan terus dikejar. Saat ini kasus belum menunjukan adanya penurunan dan cenderung bertambah, namun angka kesembuhan juga meningkat. Jadi kita tak ingin mengendurkan pendisiplinan protokol kesehatan, justru akan terus dimaksimalkan," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru