Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Terjadi Hampir di Seluruh Wilayah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 September 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kontraksi ekonomi pada triwulan II 2020 akibat wabah Covid-19 terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia. Kontraksi terdalam dialami wilayah Jawa dan Bali - Nusa Tenggara (Balinusra), sedangkan provinsi Papua dan Papua Barat tumbuh positif.

Hal ini disampaikan Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah, Yudo Herlambang dalam Diseminasi Perkembangan Ekonomi Terkini Provinsi Kalimantan Tengah via zoom pada Rabu, 23 September 2020 siang.

"Secara khusus, pertumbuhan ekonomi positif di Papua didorong perbaikan kinerja ekspor konsentrat tembaga, sedangkan kinerja positif ekonomi Papua Barat ditopang perbaikan industri LNG berorientasi ekspor," kata Yudo dalam paparannya.

Meski demikian, permintaan domestik saat ini sudah mulai mengalami perbaikan memasuki semester II.

"Pertumbuhan ekonomi pada semester II 2020 diprakirakan membaik didorong kenaikan permintaan domestik sejalan mobilitas masyarakat yang mulai meningkat. Perkembangan pada Juli 2020 mengindikasikan pemulihan permintaan domestik tersebut," jelasnya.

Penjualan eceran, lanjutnya, terus menunjukkan arah perbaikan, terutama pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau.

"Demikian pula penjualan secara online juga tumbuh positif, sejalan dengan penggunaan media digital yang terakselerasi lebih tinggi pada masa PSBB," tambah Yudo.

Sementara pemulihan konsumsi turut didukung optimisme konsumen yang terus meningkat. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru