Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Pola Plasma Sapi, Sukamara Ranch Juga Siap Tingkatkan Mutu Ternak Milik Petani dengan Cara Ini...

  • Oleh Norhasanah
  • 26 September 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Selain akan memberdayakan masyarakat dengan pola plasma sapi, Sukamara Ranch yang saat ini sudah mulai beroperasi juga siap menjalankan program peminjaman sapi pejantan kepada petani di Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara. Ini sebagai cara untuk meningkatkan kualitas ternak milik petani.

Peminjaman sapi pejantan bertujuan untuk meningkatkan kualitas sapi yang dimiliki peternak setempat. "Untuk program pinjaman sapi pejantan akan kita laksanakan dalam waktu dekat ini," kata Ranch Meneger, Petrus D Ndoa, Sabtu, 26 September 2020.

Menurut dia, peminjaman pejantan tersebut bertujuan untuk memperbaiki genetik sapi milik masyarakat. Mengingat saat ini peternak lokal dalam pembiakan sapi masih sistem perkawinan sedarah.

"Yang kita amati di lapangan, ada beberapa kelompok peternak di Pantai Lunci itu punya sapi bali, tetapi terjadi perkawinan sedarah," ujar Petrus. 

Ia menambahkan, selain program peminjaman sapi pejantan, Sukamara Ranch juga akan melaksanakan program plasma sapi yang direncakan akan mulai dilaksanakan pada tahun depan.

"Jadi warga yang ada disana akan kita bina untuk bisa terlibat dalam plasma sapi, sehingga mereka disana nanti bisa bekerja sebagai nelayan sambil memelihara ternak," ucapnya. 

Bupati Sukamara Windu Subagio menyambut baik adanya peminjaman sapi pejantan kepada masyarakat yang memiliki ternak. Ini dinilai sejalan dengan program pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat.

"Jadi ada program dari mereka untuk meminjamkan sapi pejantan kepada masyarakat peternak sapi yang tujuannya untuk memperbaiki keturunan sapi, yang tentunya dari pejantan unggul," tukas Windu Subagio.

Windu mengatakan, Sukamara masuk dalam program Food Estate. Daerah tersebut difokuskan untuk bidang peternakan. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru