Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sambut Mahasiswa Lakukan Penelitian Layanan, Kepala KUA Pulau Petak Tunjukkan Aplikasi Simkah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 September 2020 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pulau Petak kedatangan dua mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Fakultas Syariah prodi Hukum Keluarga untuk melakukan penelitian lapangan.

Khususnya penelitian berkaitan dengan pelayanan KUA terkait kualitas layanan penikahan di masa pandemi covid-19, penggunaan aplikasi Simkah serta menggali data pernikahan pada KUA Kecamatan Pulau Petak di tahun 2020.

Kepala KUA Pulau Petak, H Sahmin menyambut baik kedatangan dua mahasiswa tersebut dengan langsung menunjukan data nikah dan aplikasi Sistem informasi manajemen nikah atau Simkah.

“Pada dasarnya kita terima dengan pintu terbuka dan berikan informasi terkait Simkah, apalagi mereka memang mahasiswa dibidang hukum keluarga, sedikit banyak akan membantu pelayanan di KUA Pulau Petak," kata Sahmin, Minggu, 27 September 2020.

H Sahmin didampingi Operator Simkah Zainal Abidin mengatakan pada KUA Kecamatan Pulau Petak pemanfaatan teknologi aplikasi bernama Simkah web yang terintegrasi dengan aplikasi SIAK milik Kemendagri.

Aplikasi juga mempermudah untuk mengetahui calon pengantin (catin), dalam satatus dan kondisinya dan di aplikasi ini juga dapat mendaftakan pernikahan secara online.

“Aplikasi ini mudah, dan juga bisa diakses masyarakat tianggal brosing di android klik simkah.kemenag.go.id, maka akan tampil semua," ucapnya.

Ia menuturkan pihaknya siap memberikan pendampingan dalam penelitian, baik itu data, wawancara maupun dokumnetasi.

"Semoga proses penelitian ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar dan dapat meraih nilai yang terbaik," harapnya.

Selain itu, untuk pelayanan pernikahan di masa pendemi Covid-19 berjalan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah, yaitu membatasi keluarga yang akan ikut menyaksikan pelaksanaan pernikahan, mencuci tangan sebelum masuk ke Kantor KUA dan menggunakan masker pastinya.

“Alhamdulillah layanan pernikahan di masa pandemi ini masih berjalan sesuai dengan prtokol kesehatan, masyarakat yang meminta layanan juga mengerti dan faham akan pentingya sosial distancing," pungkas Sahmin. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru