Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musi Rawas Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Animo Masyarakat untuk Program Steril Gratis Ditankepang Lampaui Target

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 September 2020 - 16:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Program steril gratis yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau Distankepang Kota Palangka Raya dalam Rangka Hari Rabies Sedunia, Senin, 28 September 2020 mendapatkan animo dari masyarakat yang sampai melebihi target.

"Tahun ini kami sebenarnya menargetkan hanya 30 sampai 35 ekor saja tapi ternyata animo masyarakat sangat besar, tahun ini sampai 50 ekor lebih ini, termasuk kucing dan anjing. Padahal di tahun pertama pelaksanaan program ini kami hanya menargetkan 20 ekor dan itu pun hampir tidak tercapai," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner, Distankepang Kota Palangka Raya, Sumardi saat dibincangi Borneonews di sela-sela memantau pelaksanaan kegiatan steril gratis.

Menurut Sumardi, kegiatan ini murni terlaksana sebagai kegiatan bakti sosial antara Distankepang Kota Palangka Raya, Persatuan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI cabang Kalimantan Tengah, Rumah Singgah Anjing Terlantar Palangka Raya atau RSAT Palangka Raya, serta beberapa pihak lainnya yang mendukung.

"Jadi ini murni pihak-pihak yang melakukan bakti sosial untuk mengebiri hewan peliharaan penular Rabies. Belum ada APBD yang membantu pelaksanaan ini," tuturnya.

Padahal, lanjut Sumardi, ini sudah tahun ketiga pelaksanaannya dan ini dilakukan karena Kota Palangka Raya merupakan salah satu wilayah endemi kasus rabies di Kalteng.

"Semoga tahun depan paling tidak ada APBD yang disisihkan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Selama ini semuanya suakrela dan terbatas. Kalau ada APBD kan bisa kita laksanakan dengan daya tampung yang lebih banyak, peralatan yang lebih memadai, dan mungkin ada insentif untuk para dokter yang melaksanakan steril ini," harapnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru