Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Muara Mea Kembali Rukun dengan PT Indexim Utama

  • Oleh Ramadani
  • 30 September 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Hubungan antara warga Desa Muara Mea, Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara dengan PT Indexim Utama kembali rukun. Sebelumnya, sempat kurang akur atas permasalahan Gunung Piyuyan.

Kerukunan kedua belah pihak ini tergambar dari foto-foto kegiatan pelaksanaan ritual adat selamatan di Rumah Betang Olo Lio yang dilaksanakan pada Sabtu 26 September 2020 pekan lalu.

Wakil Meneger PT Indexim Utama, Supri Muyono, Rabu 30 September 2020 mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik perdamaian yang ditandai dengan dilaksanakannya ritual adat selamatan, sebelum dilakukan pelepasan hinting pali dari kain kuning yang dipasang di jalan blok perusahaan.

Kegiatan pelepasan hinting pali kain kuning ini dihadiri Panih, selaku Ketua Adat, beserta Rinum, Napoleon, Ungar dan Hariadi selaku Mantir adat. Sementara dari PT Indexim Ir Agus Setyo Satmoko selaku Manager Produksi dan Fuat Tahjudin yang juga Mandor Blok.

"Ini tanda dimulainya hubungan baik antara investor yang ikut membangun desa dan daerah dengan masyarakat Desa Muara Mea," kata Supri Muyono.

Menurutnya, dilaksanakannya acara ritual adat juga merupakan tanda perusahaan bisa kembali beroperasi secara normal di lokasi di blok RKT, sesuai perizinan dan aturan pemerintah yang mengacu kepada BAP Tim KPHP Barito Tengah, Kabupaten Barito Utara.

"Permasalahan yang kemarin, sudah clear dan sudah bersepakat sesuai dengan ketentuan kesepakatan perdamaian di Polres Barito Utara," pungkasnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru