Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taman Nasional Tanjung Puting akan Dibuka 6 Oktober 2020

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Oktober 2020 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin (Kobar) mulai menghidupkan sektor pariwisata di era new normal. Salah satunya Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) direncanakan akan dibuka resmi 6 Oktober 2020.

Rencana pembukaan TNTP telah ditindaklanjuti oleh tim verifikasi Satgas Covid-19 bersama Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Rabu, 30 September 2020 guna melihat langsung dilapangan kesiapan TNTP untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Jelang pembukaan resmi TNTP yang kita rencanakan akan dibuka langsung oleh bupati, maka kita ingin maastikan bahwa kondisi di lapangan betul - betul siap untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya, Kamis 1 Oktober 2020.

Ahmadi mengungkapkan pembukaan TNTP berdasarkan klasifikasi penyebaran covid-19. Kobar masuk zona orange, sehingga dimungkinkan beberapa sektor dilakukan reaktifasi kembali.

Tapi tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah diatur pemerintah serta berdasarkan surat mentri KLHK bahwa sektor wiasata di wilayah Kobar dibuka kembali.

"Saat melakukan verifikasi protokol kesehatan, beberapa komponen yang kita lihat ialah salah satunya kesiapan tempat cuci tangan, kemudian pengaturan jarak serta imbauan untuk mewajibkan seluruh pengunjung pakai masker," ungkapnya.

Adapun hasil dari penilaian tim verifikasi Satgas Covid-19 Kobar, secara umum semua sudah siap. Tempat cuci tangan dari area masuk ke pelabuhan atau dermaga sudah disediakan.

Kemudian alat cek suhu, pembatasan antrian, serta naik ke kapal penyeberangan atau kelotok disediakan beberapa perlengkalan protokol kesehatan, cuci tangan dan hand sanitizer.

"Selain wisatawan, para petugas juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Ketika turun di pelabuhan juga sama, ada pemisahan jalur masuk dan keluar serta pembagian jarak di tempat melihat orangutan," tuturnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru