Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAS Katingan Kembali Meluap

  • Oleh Abdul Gofur
  • 01 Oktober 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Daerah aliran sungai atau DAS Katingan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Katingan kembali meluap. 

Di Kasongan misalnya,  sebelumnya air Sungai Katingan di wilayah ini sempat menyurut dan lebih rendah dibanding bibir sungai.  

Akan tetapi sejak beberapa hari belakangan ini air sungai pasang dan meluap ke permukaan. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan,  Eka Suryadilaga, Kamis,  1 Oktober 2020 mengatakan, hari ini tinggi DAS Katingan di Dermaga UPTD LLASDP Ujung Hurung Kecamatan Katingan Hilir mengalami  kenaikan dibanding sebelumnya.

"Kedalaman air Sungai Katingan semakin naik, data hari Ini  status debit permukaan air mengalami kenaika 2, 7 meter,  semakin naik berbanding pada ketinggian air sebelumnya," kata Eka Suryadilaga.

Menurutnya,  kondisi saat ini siaga. Untuk beberapa lokasi yang memang daerah rendah disiagakan personel untuk pemantauan dan hal lainnya jika diperlukan. 

Sementara itu hingga saat ini masih ada dua kecamatan dengan tujuh desa di Katingan masih terendam banjir. 

"Untuk jumlah rumah terendam di Kabupaten Katingan sebanyak 64 rumah," ujarnya. 

Eka Suryadilaga memuturkan,  untuk Kecamatan Kamipang siang ini sudah berangsur surut, sebagian warga rumahnya sudah tidak terdampak banjir mulai beraktivitas kembali.

Sedangkan hasil pemantauan banjir di Keclamatan Mendawai yang terdampak banjir terdiri satu desa, yakni  Desa Tumbang Bulan sebanyak 20 rumah terdampak banjir. 

Berita Terbaru