Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Tetap Menyediakan Pakan Untuk Orangutan di Masa Pandemi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Oktober 2020 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan pakan orangutan dan tetap membantu masyarakat sekitar untuk mengantipasi dampak luas dari pandemi.

"Kami terus konsisten pada komitmen kami untuk memberikan pakan dengan kualitas terbaik untuk 57 individu orangutan di Pulau Salat," kata Head of Sustainability SSMS, Rudy Hendrarto seperti dikutip dari Newsletter PT Sawit Sumbermas Sarana.

Pasokan pakan yang mencapai ratusan kilogram perhari tersebut menurut Rudy langsung disediakan oleh masyarakat desa melalui Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Pilang. Dengan begitu, SSMS juga dapat membantu keberlanjutan perekonomian masyarakat ditengah pandemi ini.

"Saat ini belum ditemukan kasus penularan Covid-19 ke orangutan di Kalimantan Tengah, namun SSMS telah melakukan antisipasi potensi penyebaran Covid-19 ke orangutan terutama di Pulau Salat. Melalui penerapan beberapa protokol seperti melakukan pemeriksaan suhu tubuh dua kali dalam sehari, mewajibkan penggunaan masker dan sarung tangan, mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin serta memakai handsanitizer terutama bagi karyawan yang berinteraksi dengan orangutan," tutur Rudy lagi.

Perkembangan pandemi corona atau Covid-19 di wilayah Kalimantan Tengah seiring berjalannya waktu semakin mengkhawatirkan. Kini seluruh wilayah Kalteng sudah ditetapkan berstatus zona merah, tak terkecuali Kabupaten Pulang Pisau yang menjadi lokasi pra-pelepasliaran Orangutan, Pulau Salat.

"Dampak luas dari penyebaran Covid-19 ini dirasakan oleh masyarakat disekitar lokasi pra-pelepasliaran orangutan. Terjadi penurunan produktifitas masyarakat, mata pencaharian pun ikut terganggu dan ancaman kelaparan semakin nyata. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan SSMS adalah tetap konsisten memberikan pakan kepada orangutan di Pulau Salat yang dipasok dari masyarakat Desa Pilang," jelasnya 

SSMS juga aktif melakukan sosialisasi kepada karyawan dan masyarakat sekitar Pulau Salat, untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kerja seperti melakukan penyemprotan disinfektan pada area atau lokasi yang sering diakses. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru