Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Jakarta International Stadium Terkendala Impor Baja dari Cina

  • Oleh Teras.id
  • 08 Oktober 2020 - 10:15 WIB

TEMPO.COJakarta - Corporate Communication Jakarta Propertindo (Jakpro) Arnold Kindangen mengatakan pembangunan Jakarta International Stadium diperkirakan tak sesuai target tahun ini. Hingga awal Oktober ini, pembangunan stadion di kawasan Jakarta Utara itu telah mencapai 30 persen.

"Tahun ini targetnya terkendala impor barang," kata Arnold dalam diskusi daring pada Selasa, 6 Oktober 2020. Kendalanya karena proses impor baja dari Cina, yang digunakan untuk atap stadion terhambat. Kendala itu terjadi karena pemerintah mempunyai kebijakan untuk memberdayakan industri lokal dan membatasi kuota impor baja.

"Yang kami ajukan impornya jauh dari yang kami harapkan.” Misalnya kebutuhan 5.000 ribu ton, izin yang keluar baru 200 ton. Minimnya kuota impor baja itu yang membuat kelangsungan pembangunan JIS terkendala.

Baja sangat penting dalam pembangunan JIS karena kebutuhan baja itu hampir 25 persen dari pembangunan stadion untuk Tim Persija Jakarta itu. "Semoga dalam satu dua bulan lagi bisa kami kejar untuk impornya."

Proyek Jakarta International Stadium memerlukan anggaran Rp 4,4 triliun dan diproyeksikan selesai pada 2021. Pemerintah DKI mengusulkan 3,646 triliun anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional untuk pembangunan JIS. Anggaran akan digunakan dalam dua tahap. Pada tahun 2020 diusulkan Rp 1,182 triliun dan tahun depan Rp 2,454 triliun.

Tempo telah mencoba mengkonfirmasi pemanfaatan dana Pemulihan Ekonomi Nasional kepada Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah DKI, Sri Hartati, tapi belum ditanggapi.

TERAS.ID

Berita Terbaru