Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Surat Menyurat dan Tata Naskah Dinas Jamin Keotentikan Arsip

  • Oleh Abdul Gofur
  • 13 Oktober 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sekda Katingan, Nikodemus menilai surat menyurat dan tata naskah dinas merupakan hal penting. Karena salah satu instrumen untuk proses penciptaan sebuah arsip yang menjamin keotentikannya.

"Rapat pembahasan tata naskah dinas dan administrasi surat menyurat sangat penting dilakukan," kata Nikodemus saat memimpin rapat pembahasan tata naskah dinas dan administrasi surat menyurat, Selasa, 13 Oktober 2020.

Terkait itu, dia berharap ke depan para ASN selalu mengacu pada pengaturan dan pengelolaan surat-surat dinas. Baik kop surat, logo, ukuran dan jenis kertas, penggunaan huruf, bentuk surat, kewenangan penandatanganan, hingga cap atau stempel dinas.

"Itu semua harus lebih teratur dan terarah sehingga tercipta efektivitas dan efisiensi tertib administrasi perkantoran Pemerintah Kabupaten Katingan," ujarnya.

Standarisasi tata naskah dinas juga  diperlukan untuk menjaga kelancaran komunikasi antar-unit organisasi di suatu pemerintahan. 

Pasalnya, tata naskah dinas akan mengatur tata laku serta menjadi pedoman dalam komunikasi kedinasan dalam bentuk tertulis.

"Sehingga meningkatkan efisiensi dan tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan, maupun peningkatan tata laksana pemerintahan," pungkasnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru