Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanaman Mangrove di Pulang Pisau Seluas 210 Hektare

  • Oleh James Donny
  • 16 Oktober 2020 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Penanaman mangrove melalui program padat karya yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai mencapai 210 Hektar. Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang terkait dengan program padat karya penanaman mangrove di Kabupaten Pulang Pisau. 

Menurutnya kegiatan padat karya ini sangat membantu masyarakat juga untuk melestarikan ekosistem daerah pesisir, yang juga menjadi tempat masyarakat bergantung untuk perekonomiannya. 

Taty mengatakan penanaman pohon mangrove ini memiliki banyak manfaat, diantaranya dapat membentengi dari abrasi ketika pasang tinggi serta melindungi biota air yang hidup di bawah pohon mangrove.

"Berdasarkan laporan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pulang Pisau bahwa dalam program padat karya penanaman mangrove pada 210 hektar lahan yang dialokasikan ini mampu menyerap sebanyak 376 orang di dua desa yang ada di Kecamatan Kahayan Kuala," katanya. 

Kegiatan padat karya tersebut dilakukan dengan swakelola oleh kelompok tani mulai dari persiapan benih sampai dengan penanaman, dan petani menerima pembayaran/ upah kerja dilakukan melalui yang ditransfer langsung ke rekening anggota kelompok tani tanpa melibatkan pihak ke tiga.

Plt Bupati juga mengimbau kepada desa lain yang belum berkesempatan mendapat bantuan, untuk tidak berkecil hati. "Harapannya kita semua tetap bersemangat membangun, menciptakan peluang atau kesempatan yang memiliki potensi agar mendapat bantuan dari pemerintah pusat," kata Taty. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru