Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

100 Ribu Perempuan Belanda Akan Ikut Wajib Militer

  • Oleh Teras.id
  • 21 Oktober 2020 - 05:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Untuk pertama kalinya tahun ini, sekitar 100 ribu perempuan Belanda akan menjalani wajib militer.

Lebih dari 100 ribu gadis Belanda yang lahir pada 2003, termasuk keluarga Kerajaan Belanda, Putri Amalia, akan menerima surat wajib militer mereka dari Kementerian Pertahanan minggu ini, menurut laporan NOS, dikutip dari NL Times, 20 Oktober 2020.

Parlemen memilih pada 2018 bahwa wajib militer juga berlaku untuk anak perempuan berusia 17 tahun untuk kesetaraan gender.

Seperti halnya surat panggilan wajib militer untuk anak lelaki yang sudah dikirim berpuluh tahun sebelumnya, surat tersebut menyatakan bahwa wajib militer masih ada, tetapi kewajiban untuk melapor telah ditangguhkan.

Ini terjadi pada 1997, setelah Perang Dingin berakhir dan pasukan ekspansif tidak lagi dibutuhkan. Sejak itu, wajib militer Belanda tidak pernah disusun.

"Tapi kami tidak tahu apa yang bisa terjadi di masa depan," kata Menteri Pertahanan Belanda, Ank Bijleveld, dalam sebuah pesan kepada semua gadis Belanda. "Jika keamanan negara kita terancam lagi, mungkin wajib militer harus bergabung dengan tentara."

Keuntungan tambahan untuk mendaftarkan gadis ke dalam wajib militer adalah untuk menarik lebih banyak gadis berkarir di angkatan bersenjata. Saat ini hanya 10 persen militer Belanda yang diisi oleh perempuan.

"Ini meningkat sedikit, tetapi sulit untuk menemukan wanita untuk angkatan bersenjata," kata juru bicara Kementerian Pertahanan kepada NOS. Layanan informasi pemerintah RVD mengonfirmasi bahwa Putri Amalia juga akan mendapatkan surat wajib militer.

"Memang benar bahwa Putri Amalia, seperti semua anak muda Belanda yang berusia 17 tahun pada tahun 2020, akan menerima surat ini. Tidak diketahui apa yang akan dilakukan Putri Amalia, yang akan berusia 17 tahun pada Desember tahun, tentang suratnya, kata layanan informasi negara RVD mengatakan kepada NOS, dikutip dari Dutchnews.

"Saat ini kami tidak dapat mengatakan apa yang akan diputuskan Putri Amalia tentang perannya di militer," kata RVD.

Berita Terbaru