Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyebaran Covid-19 Kota Palangka Raya Masuk Kategori Sedang

  • Oleh Hendri
  • 23 Oktober 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hingga hari ke 3 minggu ke 34 masa pandemi Covid-19 di Kota Palangka Raya, tingkat penyebarannya kini memasuki kategori wilayah sedang.

Ketua Harian Tim Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, menjelaskan pada tanggal 21 Oktober 2020 nilai Reproduction Number berada di angka 0,8.

"Nilai RT di bawah 1, berarti tingkat penularannya hampir 0 atau masih di bawah 1. Jika RT kurang dari 1 artinya potensi menularkan pada orang lain sudah hampir tidak ada," ungkapnya, Jumat 23 Oktober 2020.

"Sedangkan jika RT sama dengan 1, endemis terjadi dalam kelompok masyarakat dan jika RT lebih 1 artinya wabah akan terus bertambah dan 1 orang berpotensi menularkan pada 2 sampai 3 orang berikutnya," imbuhnya.

Pengamatan angka itu dilakukan dalam waktu 14 hari atau dalam masa inkubasi penyakit. Jika selama 14 hari konsisten pada angka kurang dari 1, maka penularan di wilayah tersebut berdasarkan kajian epidemiologinya dikatakan menurun atau dianggap sudah hilang sehingga aktivitas masyarakat dapat dimulai dengan aktivasi sistem surveillance yang dikontrol ketat dari dinas kesehatan setempat.

"Aktifasi sistem surveillance ketat sebagai tindakan kewaspadaan dini. Berdasarkan kajian yang ada, maka harus segera dilakukan di Palangka Raya yang memiliki RT di bawah 1. Hal itu agar mata rantai penularan terputus. Menyikapinya, Perwali Nomor 26 Tahun 2020 kita tegakkan penerapannya di lapangan," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru