Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cegah Kesalahan yang Bisa Tingkatkan Risiko Tertular Covid-19 saat Bersepeda

  • Oleh Teras.id
  • 01 November 2020 - 11:40 WIB

TEMPO.COJakarta - Masyarakat sedang gemar bersepeda di masa pandemi Covid-19 ini. Selain mudah dilakukan, bersepeda juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Meski demikian, memperhatikan cara bersepeda yang benar tetap wajib dilakukan karena masih ada beberapa kesalahan yang justru dapat meningkatkan risiko tertular virus corona. Agar tidak salah langkah, situs Bicycle Guides, Cycle Plan, dan Cnet pun menyebutkan empat hal yang wajib dihindari itu.

Kondisi kurang sehat
Saat bersepeda, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima karena saat sakit, sistem kekebalan tubuh dipastikan melemah dan dengan bersepeda di tengah pandemi, akan semakin memudahkan terjangkit infeksi. Bukan hanya virus corona, namun berbagai mikroorganisme lain juga.

Meminjamkan sepeda dan peralatan lain
Sangat tidak dianjurkan untuk meminjamkan barang kepada orang lain saat bersepeda, termasuk sepeda itu sendiri hingga beberapa alat yang memungkinkan terjadinya sentuhan. Kita tahu, 80 persen penyebaran virus terjadi lewat tangan. Jadi, selama bersepeda, sebaiknya perlengkapi diri dengan baik agar tidak meminjam apapun dari orang sekitar dan sebaliknya.

Tidak menerapkan protokol kesehatan
Meski bersepeda termasuk dalam salah satu olahraga yang aman, bukan berarti Anda bisa bebas dan tidak menerapkan protokol kesehatan sebab ini juga tetap bisa meningkatkan risiko terpapar Covid-19. Untuk itu, tetap diimbau agar para pesepeda #pakaimasker dan kacamata, selalu #cucitanganpakaisabun dan air sebelum ataupun sesudah bersepeda, serta senantiasa #jagajarak dari pengendara sepeda lain.

Bersepeda di keramaian
Bersepeda di keramaian memang menyenangkan. Namun, ini juga meningkatkan risiko karena pertemuan dengan banyak orang yang tidak diketahui kondisi kesehatannya. Jadi, di tengah pandemi lebih aman jika bersepeda di tempat sepi, seperti area perumahan. Jika ingin tetap di jalan besar, hindari waktu ramai karena banyak pengendara akan melewatinya.

*Artikel ini adalah kerja sama Tempo.co dengan #SatgasCovid-19 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tegakkan protokol kesehatan, ingat selalu #pesanibu dengan #pakaimasker, #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitanganpakaisabun.

TERAS.ID

Berita Terbaru