Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangandaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Minta Kepala Desa Awasi Angkutan Melebihi Tonase

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 November 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas meminta para kepala desa agar turut mengawasi angkutan yang melebihi tonase dan melintas di wilayahnya.

Permintaan ini disampaikan Ampera menanggapi meningkatnya kerusakan infrastruktur yang diduga diakibatkan angkutan dengan muatan melebihi yang sering melintas.

"Saya imbau aparat desa menjaga daerah kita, apalagi terdapat perusahaan perkebunan melintas jangan sampai mengangkut over kapasitas," tegasnya, Jumat 20 November 2020.

Dia menjelaskan fungsi pengawasan melibatkan pemerintah desa mengingat jangkauan dinas perhubungan terbatas untuk sampai ke pelosok desa.

"Apalagi jika informasi pengawasan bocor, kalau dijaga siang bisa operasional malam dan sebaliknya, sehingga petugas dinas perhubungan cukup kesulitan," paparnya.

Pemerintah daerah juga telah menekan camat agar secara berkelanjutan menyikapi masalah angkutan bermuatan berat.

"Kalau ditemukan kerusakan seperti ambruknya jembatan Lagadur di Balawa Kecamatan Paju Epat beberapa waktu lalu karena dilewati angkutan perusahaan, langsung hubungi perusahaan yang bersangkutan," tegasnya.

"Saya juga menerima laporan di Desa Murutuwu jalan aspalnya mulai terkelupas, tidak tahu apakah disebabkan angkutan pupuk, aspal, atau sawit yang pasti perlu ditelusuri," ujarnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru