Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wisata di Pulang Pisau Bakal Tonjolkan Kearifan Lokal dan Ekosistem

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 25 November 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Peneliti dari Pusat Litbang Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr Endah Karlina menegaskan bahwa konsep yang akan dikembangkannya dalam mewujudkan pariwisata tak akan lepas dari ekosistem daerah dan kearifan lokal. Hal itu disampaikannya kepada wartawan usai acara Focus Grup Discussion (FGN) terkait pengembangan wisata dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

Endah menjelaskan, Pulang Pisau merupakan wilayah gambut. Pulang Pisau juga terkenal dengan airnya yang hitam. 

"Ekosistem ini akan dipaduserasikan dalam mewujudkan pengembangan wisata di Kabupaten Pulang Pisau. Karena cara pandang wisatawan saat ini sudah sangat berbeda. Mereka lebih tertarik yang menyajikan budaya dan keindahan alam setempat," kata Endah, Rabu, 25 November 2020. 

Lanjut Endah, konsep yang harus dimunculkan dalam wisata yang akan dikaji pihaknya sebanyak-banyaknya memanfaatkan ekosistem daerah dan melibatkan masyarakat adat setempat untuk budaya kearifan lokal. Namun, dalam pengembangan pariwisata ini harus sinergitas antara pemerintah daerah dan masyarakat setempat. 

"Yakin saja pariwisata ini bisa terwujud jika ada kerjasama dan saling mendukung antara semua pihak. Baik masyarakat dan pemerintah daerah maupun dengan pihak lainnya," ucap Endah. 

Menurutnya, tak butuh waktu lama untuk mewujudkan pariwisata itu. Jika memang serius untuk mewujudkan pariwisata itu, dalam waktu tiga bulan maka pariwisata itu sudah bisa berjalan. 

"Intinya arus ada keseriusan. Kami akan terus mengkaji dan kajian terkait pariwisata ini nantinya akan disampaikan kepada pemerintah daerah agar bisa dilakukan tindak lanjut," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru