Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peneliti Puslitbang BLI KLHK Lakukan Indentifikasi dan Inventarisasi Kehati di Pulang Pisau

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 26 November 2020 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan (Puslitbang Hutan) pada Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Prof. R. Garsetiasih melakukan identifikasi dan inventarisasi keanearagaman hayati (Kehati) di Kabupaten Pulang Pisau, khususnya jenis flora dan fauna, serta biofisik ekosistem gambut.

Hasil penelitian itu disampaikan tim peneliti Puslitbang Hutan BLI KLHK diacara forum group discussion (FGD). Dalam paparannya peneliti Garsetiasih mengatakan, pemulihan fungsi ekologis gambut tidak terlepas dari perlindungan terhadap keanekaragaman hayati.

"Bersama tim kami melakukan kajian konservasi biodiversitas ekosistem gambut di Kabupaten Pulang Pisau. Kajian ini dilakukan berdasarkan tipe kedalaman gambut yaitu gambut dalam, sedang dan dangkal," kata wanita yang akrab disapa Tia itu, Kamis 26 November 2020.

Tim melakukan survei ekologi di Desa Taruna, Kecamatan Jabiren Raya dan pengumpulan data sosial ekonomi di Desa Tumbang Nusa, Desa Pilang, Desa Garung dan Desa Gohong.

Berdasarkan pengamatan terhadap flora, terdapat jeniss potensial yang masih ada, meski sebagian jenis tumbuhan seperti ramin dan jelutung sudah agak berkurang.

"Sedangkan untuk fauna, kami menemukan 51 jenis burung dengan keragamannya. Populasinya ada yang termasuk kategori sedang. Sementara untuk amfibi, reptil dan mamalia termasuk rendah. Kategori kurang hingga rendah ini yang kami rekomendasikan untuk kegiatan restorasi," pintanya.

Tia menegaskan hasil data dan informasi yang mereka dapat di lapangan ini diharapkan menjadi bahan untuk penyusunan kajian pariwisata kedepan. Namun tentunya harus ada keseriusan semua pihak untuk bekerja sama mewujudkan ini semua. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru