Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Barito Timur Gelar Bimtek bagi Pengawas Kelurahan dan Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 02 Desember 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bawaslu Barito Timur menggelar tim bimbingan teknis atau bimtek bagi pengawas kelurahan dan desa yang akan bertugas pada Pilgub Kalteng 2020.

Bimtek yang digelar di GPU Mantawara Tamiang Layang, Rabu 2 Desember 2020 ini dibagi dalam dua sesi untuk menghindari kerumunan dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19, meski kapasitas gedung ini mencukupi namun disarankan untuk menghindari kerumunan, 104 pengawas yang mengikuti bimtek ini dibagi per sesi 52 orang," ungkap Ketua Bawaslu Barito Timur, Feryanto Marthen Panggalaha.

Dia menjelaskan pelaksanaan bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada pengawas kelurahan dan desa bagaimana alur teknis penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara bahkan pada saat pleno nantinya.

"Kami berharap bimtek ini bisa memberikan pemahaman secara komprehensif kepada rekan-rekan pengawas desa dan kelurahan dan desa agar nantinya mereka juga bisa memberikan pemahaman kepada pengawas TPS di tiap-tiap TPS," harap Feryanto.

Selain itu, dalam penyelenggaraan pemilihan umum nanti, yang paling penting untuk kelancaran proses pemungutan dan perhitungan suara adalah pola koordinasi baik itu dari  panitia pemungutan suara atau PPS maupun KPPS.

"Karena Pilgub ini adalah tanggung jawab kita bersama baik penyelenggara teknis, teman-teman KPU ataupun kita dari lembaga pengawas sendiri," lanjutnya.

Sebelum mengikuti bimtek, para peserta juga harus menjalani rapid test atau tes cepat. Jika ada diantara peserta yang hasil tes cepatnya reaktif, maka akan disuruh beristirahat serta tidak mengikuti kegiatan bimtek sambil dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Covid-19 apakah yang bersangkutan akan dilanjutkan dengan swab test. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru