Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarbaru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAPKI: Sektor Sawit Sumbang Devisa Ekspor yang Besar di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 03 Desember 2020 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sektor minyak sawit memberikan sumbangan devisa ekspor sebesar USD 15 miliar hingga September tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19.

"Sumbangan sawit ini memastikan neraca perdagangan Indonesia pada periode tersebut surplus," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI, Joko Supriyono dalam rilisnya, Kamis, 3 Desember 2020.

"Ada sekitar 2,6 juta tenaga kerja langsung yang bekerja di sektor sawit dan sekitar 3 juta tenaga kerja tidak langsung serta petani," jelasnya.

Joko menjelaskan bahwa dari total luas lahan perkebunan sawit Indonesia yaitu 16,3 juta hektar, sekitar 7 juta hektar atau 43% adalah perkebunan sawit rakyat.

"Kami memastikan perusahaan sawit yang menjadi anggota GAPKI telah menyediakan lingkungan kerja kondusif dan layak," tegasnya.

Memang pada bulan November lalu, menurut Joko, beredar berita dari Associated Press atau AP tentang eksploitasi pekerja perempuan di perkebunan sawit. Joko mengatakan, anggota GAPKI berkomitmen untuk menerapkan prinsip keberlanjutan sesuai standar dan kriteria Indonesian Sustainable Palm Oil atau ISPO.

"Sehingga GAPKI sedang dan terus mendorong untuk mencapai kepatuhan ISPO atau ISPO compliance bagi seluruh anggotanya," tambahnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru