Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Keluarkan Data Faskes Memenuhi Syarat Layani Rapid Tes Antigen

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Desember 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengeluarkan sejumlah data fasilitas kesehatan atau Faskes yang telah memenuhi syarat untuk memberikan pelayanan dan menerbitkan surat keterangan hasil pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab di Kobar.

Kepala Dinas Kesehatan Kobar Ahmad Rois mengatakan, untuk tahap pertama ada empat faskes yang melayani rapid test antigen yakni Labkesda, Rumah Sakit Citra Husada Pangkalan Bun, Klinik Permata Ibu Kumai, dan Klinik milik PT Bumutama Gunaya Abadi (BGA) Kecamatan Kotawaringin Lama.

"Pemberlakuan rapid tes antigen ini menindaklanjuti adanya surat edaran gugus tugas pusat, sehingga Dinkes Kobar langsung bergerak cepat dan mendata fasilitas kesehatan yang bisa melayani rapid test antigen," ujarnya.

Ahmad Rois menjelaskan, tidak semua fakes melayani pemintaan rapid tes antigen mandiri, seperti di Labkesda. Namun, untuk tiga tempat lainya melayani rapid antigen mandiri. Artinya, masyarakat bisa melakukan rapid antigen di faskes tersebut.

Dia melanjutkan, selain dari empat faskes tersebut, saat ini, masih ada beberapa faskes yang mengajukan rekomendasi untuk pelayanan rapid antigen, yakni Klinik milik PT WSSL, Klinik PT BJAP dan Laboratorium Terra.

"Tempat yang mengajukan untuk rapid antigen pasti terus bertambah. Jika tempatnya terdaftar sesuai dengan pelayanan kesehatan maka kita berikan rekomendasi. Sejauh ini sudah ada tujuh tempat dan pasti bakal bertambah," bebernya.

Rois mengungkapkan, tujuannya dilakukan rekomendasi itu supaya faskes yang melayani rapid antigen mandiri terdaftar di KKP. Sehingga, nantinya pemohon tidak lagi membawa surat keterangan, tetapi pakai barcode.

"Jadi nanti penumpang tidak perlu membawa hard copy, cukup menunjukkan barcode di e-HAC," tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru