Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jenis Vitamin yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur

  • Oleh Teras.id
  • 01 Januari 2021 - 00:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Jika Anda biasanya mengonsumsi vitamin pada malam hari - karena pada saat itulah Anda akhirnya ingat untuk melakukannya. Namun, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa ada waktu-waktu tertentu dalam sehari yang paling baik untuk suplemen yang berbeda, dan dengan mengatur waktu dosis Anda sesuai, Anda sebenarnya akan memperoleh manfaat paling banyak untuk kesehatan. 

Dalam hal waktu konsumsi vitamin Anda, penting untuk mempertimbangkan bagaimana vitamin dapat mempengaruhi tidur Anda. Dokter keluarga Raixa Rivas, MD, tidak menganjurkan konsumsi vitamin pada malam hari. "Karena beberapa dapat merangsang aktivitas neurologis dan mengganggu tidur, khususnya vitamin B kompleks," ujarnya seperti dilansir dari laman Pop Sugar.

Russell Cohen, MD, seorang dokter kulit dan dokter yang menasihati untuk FlexIt, setuju bahwa beberapa suplemen harus dihindari sebelum tidur, tetapi mencatat bahwa suplemen lain - seperti magnesium - sebenarnya paling baik dikonsumsi saat itu, karena sifatnya yang menenangkan.

Anda mungkin juga khawatir bahwa mengonsumsi suplemen sebelum tidur akan mengubah cara penyerapannya, tetapi sementara beberapa proses tubuh - termasuk pencernaan - melambat di malam hari, itu tidak perlu dikhawatirkan. Menurut Dr. Rivas, pemecahan nutrisi ini bergantung pada beberapa faktor lain, termasuk asupan kalori, tingkat aktivitas, dan usia seseorang, yang dapat menyebabkan metabolisme yang lebih lambat. Sampai titik tertentu, mungkin lebih bermanfaat untuk melihat faktor-faktor ini ketika memikirkan tentang bagaimana tubuh Anda menyerap vitamin dan suplemen.

Jadwal makan Anda mungkin adalah hal paling penting untuk dipertimbangkan saat mengatur waktu vitamin Anda. Prinsip penentu utama Apakah vitamin tersebut larut dalam lemak atau air. "Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan vitamin B lainnya cenderung dikonsumsi di pagi hari karena lebih mungkin diserap dengan lebih baik saat perut kosong," jelas Dr. Cohen. "Kadang-kadang, membagi dosis sepanjang hari membantu memberikan penyerapan yang menurut sebagian orang lebih baik."

Di sisi lain, "vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K paling baik diserap setelah makan," kata Dr. Rivas kepada. Untuk alasan ini, penting untuk meneliti apakah vitamin spesifik Anda larut dalam lemak atau air, dan rencanakan waktu untuk meminumnya. Ini akan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan semua vitamin yang Anda tawarkan, tetapi ini juga akan membantu Anda mendapatkan rutinitas yang konsisten - dan mungkin tidak ada yang lebih penting dari itu.

TERAS.ID

Berita Terbaru