Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partisipasi Masyarakat Sukamara Jadi Kendala Dalam Program PTSL

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Januari 2021 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi menuturkan, bahwa partisipasi masyarakat menjadi salah satu kendala dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan BPN.

"Partisipasi yang menjadi kendala, masyarakat taunya hanya dapat sertifikat, tetapi perjuangannya dari Puldatan ini luar biasa," kata Ahmadi usai pembagian sertifikat secara simbolis, Selasa, 5 Januari 2021.

Ahmadi berharap bagi masyarakat yang mengikuti program tersebut bisa membantu Petugas Pengumpul Data Pertanahan dengan mempermudah tugasnya, salah satunya dengan memasang patok tanah dan membersihkan lahan yang akan diukur.

"Tanah yang mau diukur, disiapkan patok tanahnya, ditebas tempat-tempatnya, kemudian dikawal yang mengukur, jangan petugasnya ditinggalkan," ujarnya.

"Justru pro aktif kita, pro aktif masyarakat sangat diperlukan, oleh karena itu camat, kepala desa dan pemerintah daerah memang harus turun tangan untuk membantu pendata-pendata ini," tambahnya.

Dia menambahkan program PTSL ini memang benar-benar dirasakan masyarakat, serta tanah yang dimiliki saat ini juga sudah memiliki kekuatan hukum yang kuat. Sehingga tidak ada kehawatiran.

"Kita berharap, semoga masyarakt bisa memanfaatkan sertifikat tersebut secara tepat," harapnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru