Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Anggarkan Ratusan Miliar Rupiah untuk 3 Mega Proyek

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Januari 2021 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau menganggarkan ratusan miliar rupiah untuk 3 mega proyek yang akan dimulai tahun 2021 ini.

Pembangunan mega proyek yang dicanangkan merupakan salah satu bentuk keseriusan pemkab di bawah kepemimpinan Bupati Lamandau, Hendra Lesmana dalam membenahi sejumlah fasilitas umum dan objek vital.

Adapun 3 mega proyek itu yakni pembangunan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), pembangunan jalan, serta pembangunan Masjid Agung Kabupaten Lamandau. Ketiganya diproyeksi menelan biaya kurang lebih sebesar Rp 186 miliar dengan sistem multiyears selama tiga tahun anggaran. 

"Tiga pekerjaan ini akan kita mulai tahun (2021) ini, yakni pembangunan jalan Perigi - Beruta, pembangunan gedung RSUD Lamandau, serta pembangunan Masjid Agung Kabupaten Lamandau," kata Hendra Lesmana, Rabu, 13 Januari 2021.

Hendra menjelaskan, pencanangan tiga mega proyek tersebut merupakan salah satu upaya pemkab menggenjot pembangunan fasilitas umum dan objek vital. Terlebih, 2 tahun terakhir pemkab cukup fokus untuk memulihkan kondisi keuangan daerah, dampak dari defisit anggaran di tahun 2018, serta kewajiban untuk melakukan refocusing anggaran di tahun 2020 untuk penanganan pandemi covid-19.

Hendra Lesmana, berharap agar rencana berbagai pembangunan tahun ini khususnya tiga mega proyek tersebut dapat berjalan sesuai rencana, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan masyarakat. 

"Mega proyek yang kita canangkan ini berkaitan dengan kebutuhan dasar yang akan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Rumah Sakit kita terus kembangkan karena menyangkut upaya kita dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sebagai salahsatu kebutuhan dasar masyarakat. Begitupun pembangunan jalan yang sangat vital dan mendesak, serta lanjutan pembangunan masjid agung yang sudah sangat lama terhenti," katanya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lamandau, Ray Paskan, mengatakan bahwa tiga mega proyek pemkab tahun ini terdiri dari pengerjaan jalan akses Perigi - Beruta sepanjang 15 km dengan pagu anggaran sekitar Rp 74 miliar. 

"Pengerjaan jalan Perigi - Beruta tersebut mulai dari penyiapan badan jalan hingga pengaspalan," katanya. 

Adapun pebangunan gedung RSUD Lamandau dianggarkan sekitar Rp 55 miliar. Anggaran tersebut dicanangkan untuk pembangunan gedung baru empat lantai.

"Untuk lanjutan pembangunan fisik Masjid Agung di Jalan Trans Kalimantan, Nanga Bulik dianggarkan sekitar Rp 57 miliar," tukasnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru