Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesiapan Anggaran Penanganan Covid-19 di Kotim Pada 2021 Masih Minim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Januari 2021 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kesiapan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) untuk tahun 2021 ternyata masih minim. Bahkan, tidak sesuai dengan harapan karena sejumlah instansi terkait tidak ada menganggarkan. 

"Pada 2021 ini, hanya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saja yang mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kotim Yephi Hartady, Kamis, 14 Januari 2021. 

BPBD merupakan satu-satunya instansi yang menganggarkan anggaran penanganan Covid-19. Sedangkan instansi lainnya tidak ada anggaran untuk hal tersebut. 

Padahal saat ini, pandemi Covid-19 masih berlangsung di Kotim dan butuh penanganan yang maksimal demi mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.  

Selain itu, kesiapan anggaran daerah di awal tahun 2021 ini sangat minim. Hal itu terjadi karena terkendala sistem penganggaran yang belum final walaupun saat ini, pembiayaan penanganan Covid-19 terus berjalan.

"Keadaan tersebut tentunya bisa berdampak terhadap penanganan Covid-19. Bahkan saat ini Klinik Covid-19 Islamic Center sementara dinonaktifkan, karena menyesuaikan kondisi anggaran," kata Yephi. 

Menanggapi hal tersebut, seharusnya instansi terkait juga mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19. Sehingga tidak berharap dengan anggaran dari BPBD atau Belanja Tidak Terduga (BTT) saja. 

Karena hingga saat ini, status kedaruratan belum dicabut dan penanggulangan Covid-19 serta bantuan untuk masyarakat masih harus berjalan. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru