Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sikomos Bantu Tingkatkan Semangat Belajar Anak di Tengah Pandemi Covid-19

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Januari 2021 - 21:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kendaraan roda 3 berwarna hijau yang diberi nama Sikomos, milik Kodim 1014 Pangkalan Bun terus digerakkan menyambangi rumah dengan membawa buku untuk mengajak anak tetap semangat belajar meski di tengah pandemi Covid-19.

Armada bantuan dari Danrem 102 Panju Panjung ini kali ini digerakkan oleh Babinsa Koramil 1014-02 Kumai Kopda Naim secara door to door di perumahan warga RT 15 Gang Kapuk, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai.

Kopda Naim menjelaskan kegiatan ini dilakukan mengingat dampak pandemi Covid-19 yang terjadi mengakibatkan proses belajar mengajar terganggu, sehingga Sikomos ini hadir dengan membawa langsung materi atau bahan bacaan untuk anak - anak atu generasi muda.

"Dengan kami datang ke rumah warga, anak - anak nampak antusias membaca dan mencari buku yang diperlukan dalam belajar," tuturnya, Minggu, 17 Januari 2021.

Diketahui dampak Covid-19 juga membuat sebagian warga enggan untuk keluar rumah, sehingga membuat mereka kurang akan informasi serta menimbulkan efek jenuh kepada masyarakat.

"Semoga dengan kehadiran Sikomos ini warga bisa terhibur, terutama Si Komos menyajikan banyak sekali keunggulan di dalamnya, masyarakat bisa membaca dan mendapat edukasi serta pengetahuan tambahan, sehingga lebih efektif dalam menyampaikan pesan ke masyarakat," tuturnya.

Di sela kegiatan para Babinsa Koramil 02 Kumai juga selalu mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan serta menerapkan protokol kesehatan guna memutus rantai Covid-19.

Adapun makna nama Sikomos itu adalah mengandung arti sarana interaksi dan komunikasi sosial dengan masyarakat. Armada ini dinilai sangat bermanfaat, terlebih saat ini di tengah pandemi covid-19 yang turut mengakibatkan proses belajar mengajar terganggu.

Kehadiran Sikomos ini diyakini sangat membantu karena dilengkapi dengan sarana perpustakaan dan televisi 49 inch agar bisa menjadi media pembelajaran bagi generasi muda.

Sikomos juga dilengkapi genset dan pengeras suara, sehingga juga dapat digunakan untuk pengumuman di desa binaan, dimanfaatkan sebagai sosialisasi masalah kesehatan, sosialisasi masalah narkoba, kebakaran hutan dan lahan.

"Penyampaian secara visual atau gambar kepada masyarakat tentunya dinilai lebih mudah dipahami," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru