Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gunung Mas Berusaha Jadikan TPA Sumber PAD

  • Oleh Magang 1
  • 19 Januari 2021 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas berupaya menjadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Km 12 Jalan Kuala Kurun - Tewah sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD) bagi kabupaten itu.

Sebagai langkah awal untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan (DLHKP) Kabupaten Gumas Yohanes Tuah dan lainnya meninjau langsung TPA pada Rabu 13 Januari 2021.

“Pak bupati ingin pengelolaan TPA lebih dimaksimalkan, agar dapat menjadi sumber PAD bagi Kabupaten Gumas,” kata Kepala DLHKP Kabupaten Gumas Yohanes Tuah, Selasa 19 Januari 2021.

Jika dikelola dengan baik sampah dapat menjadi sumber PAD. Hal itu didukung dengan keberadaan berbagai peralatan yang saat ini ada di TPA.

DLHKP Gumas akan melakukan pendataan terhadap alat-alat di TPA, untuk mengetahui mana alat yang masih bisa berfungsi dan yang perlu dilakukan perbaikan.

Agar rencana tersebut berhasil, nantinya Pemkab Gumas akan melakukan studi banding ke daerah lain yang telah maju dalam memanfaatkan TPA menjadi sumber PAD.

Tidak menutup kemungkinan pengelolaan TPA nantinya dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak ketiga. DLHKP Kabupaten Gumas akan mempelajari ketentuan dan aturan terkait kerja sama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan TPA. (MAGANG/B-6)

Berita Terbaru