Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD dan PMI Kotim Fokus Evakuasi Korban Banjir di Kalsel

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 19 Januari 2021 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengirim tim untuk membantu warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tim sudah berangkat pada Sabtu, 16 Januari 2021. Selama 3 hari mereka di sana, pihkanya lebih fokus pada evakuasi terhadap para korban banjir di sejumlah wilayah di Kalsel.

"Dari hari pertama, kami lebih fokus pada evakuasi, dengan menyisir sejumlah wilayah yang diterjang banjir," ujar Sidik, salah seorang relawan PMI Kotim Sidiq, Selasa, 19 Januari 2021.

Dia menuturkan, pihaknya mengutamakan evakuasi, karena masih banyak warga yang tinggal di rumahnya meskipun debit air sangat tinggi bahkan ada yang sudah hampir seatap rumah.

Evakuasi yang dilakukan juga mengutamakan para lansia, anak-anak, dan orang sakit. Itu dilakukan sebagai langkah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami fokuskan evakuasi lansia, orang sakit, dan anak-anak," kata Sidiq.

"Yang menjadi kendala, masih banyak warga yang tidak mau diungsikan, dengan alasan menjaga harta mereka," terang Sidiq. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru