Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemekaran Kotawaringin Jadi Provinsi Tak Mesti Membuat Kalteng Terpuruk

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Januari 2021 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Adanya wacana pemekaran sejumlah wilayah yang ada di Kalteng menjadi sebuah provinsi salah satunya yakni Kotawaringin, kalangan anggota DPRD Kalteng menilai hal itu tak mesti membuat Kalteng menjadi terpuruk.

Anggota DPRD Kalteng, Wilin C. Okamoto menerangkan dengan adanya pemekaran suatu wilayah maka akan berdampak positif dalam hal percepatan peningkatan pembangunan infrastruktur maupun kesejahteraan masyarakat.

"Selama ini kita bisa melihat salah satu contohnya pemekaran kecamatan menjadi sebuah kabupaten, pembangunan bisa berkembang dengan cepat, demikian juga sebaliknya Kabupaten menjadi Provinsi," ujarnya, Jumat, 22 Januari 2021.

Menurutnya, dengan APBD yang masih kecil terlebih Kalteng memiliki luas setengah dari pulau Jawa maka dengan dimekarnya sejumlah daerah menjadi provinsi akan membuat pembangunan Kalteng berkembang pesat.

"Saya rasa Kalteng tidak akan terpuruk jika sejumlah wilayahnya di mekarkan, justru sebaliknya sebab SDA dan SDM yang ada masih berlimpah, dan bisa dimanfaatkan sedemikian rupa," jelasnya.

Dia menambahkan, usulan DOB Kotawaringin guna menjawab kebutuhan pembangunan kedepannya, dan saat ini juga kondisi keuangan negara maupun daerah masih belum stabil.

Sehingga pemekaran akan butuh waktu dan proses yang cukup lama sampai benar-benar siap, tapi tidak ada salahnya jika wacana dan syarat sesuai UU disiapkan sehak saat ini.

"Soal moratorium pemekaran wilayah masih belum dicabut oleh pemerintah pusat hingga saat ini. Meski nanti Kalteng dimekarkan juga masih banyak memiliki Kabupaten serta satu Kota, dan saya rasa cukup untuk menyokong pembangunan," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru