Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Barito Selatan Usulkan Perbaikan Pelabuhan Pasar Lama

  • Oleh Uriutu
  • 22 Januari 2021 - 16:11 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Perhubungan Barito Selatan telah mengusulkan perbaikan Pelabuhan Pasar Lama Buntok ke Dinas Perhubungan provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Dishub Barsel, Daud Danda mengatakan, pihaknya sudah menghubungi provinsi agar bisa melihat kondisi Pelabuhan Pasar Lama dan menganggarkan untuk perbaikannya.

"Kita telah mengusulkan perbaikan pelabuhan pasar lama yang kondisinya rusak parah,” kata Daud Danda kepada Borneonews, Jumat, 22 Januari 2021.

Dia membeberkan, pelabuhan ini satu-satunya tempat bertambatnya transportasi air seperti speedboat, kapal yang datang dan mengantarkan penumpang di daerah ini maupun ke kabupaten lainnya yang berada di DAS Barito.

"Kondisinya saat ini sudah rusak parah, bangunan tempat penumpang menunggu keberangkatan pun sudah miring lantaran pontonnya sudah tidak ada lagi," bebernya.

Dia berharap agar perbaikan terhadap pelabuhan pasar lama Buntok bisa dianggarkan pihak Provinsi Kalimantan Tengah pada anggaran 2021 maupun anggaran tahun 2022.

Dia menegaskan, kalau memang tidak bisa dianggarkan pada APBD Propinsi Kalimantan Tengah, pihaknya akan berupaya mengusulkannya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kita sudah berkomunikasi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pusat yang ada di Palangka Raya untuk bisa mengalokasikan anggaran perbaikannya," ucapnya.

Ia berharap agar usulan pihaknya tersebut bisa diakomodir dan dirinya akan terus berupaya untuk mengawal dan secara rutin menanyakannya kepada pihak UPTD pusat yang ada di Palangka Raya.

Hal itu supaya pelabuhan pasar lama Buntok ini nantinya bisa layak digunakan sebagai tempat bagi warga yang datang maupun berangkat menggunakan sarana transportasi air dari pelabuhan pasar lama Buntok tersebut.

"Kita mengharapkan agar program pembangunan jangan hanya di kabupaten lain yang sudah maju, karena Barsel juga sangat memerlukan sejumlah program masuk demi kemajuan," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru