Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Gunung Sitoli Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangutan Masuk ke Permukiman Warga di Seranggas

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 22 Januari 2021 - 16:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor orangutan ditemukan warga sedang beraktivitas di permukiman di Dusun Seranggas, Desa Lampuyang, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Kami mendapatkan laporan kemunculan orangutan di pemukiman warga Dusun Seranggas," ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit Muriansyah, Jumat, 22 Januari 2021. 

Keberadaan orangutan tersebut tidak jauh dari rumah warga. Bahkan hewan dilindungi tersebut berada di jalan yang berada di dusun tersebut. Sehingga, sempat di video oleh warga.

Bahkan, saat itu jarak antara warga dan orangutan hanya beberapa meter saja. Orangutan tersebut dengan pelan membalikkan badannya hingga pergi kembali ke tengah hutan. 

"Orangutan muncul di areal persawahan milik warga, banyak warga yang melihat," kata Muriansyah. 

BKSDA yang mendapatkan laporan tersebut sudah melakukan pengecekan di sekitar lokasi. Dan tidak ada melihat hewan tersebut. 

Meskipun begitu, pihaknya telah memberikan imbauan kepada warga agar menjauh saat melihat hewan tersebut. Selain itu juga jangan menangkap atau membunuhnya, karena melanggar undang-undang. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru