Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tunggakan Pelanggan PDAM Katingan Capai Rp 5 Miliar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 23 Januari 2021 - 06:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Sunardi Litang menyebut saat ini tunggakan pelanggan PDAM Katingan mencapai Rp 5 miliar.

"Hasil rapat evaluasi kemarin secara umum itu kita meminta kepada direksi PDAM untuk meningkatkan kinerjanya, mekakukan langkah-langkah efisiensi," ujarnya, Jumat 22 Januari 2021.

Kemudian PDAM diminta untuk turun ke lapangan. Pasalnya, piutang pada PDAM sejak awal berdirinya cukup besar mencapai Rp 5 miliar lebih. Piutang sebesar itu adalah berupa tunggakan pelanggan se Kabupaten Katingan.

"Makanya kita meminta kemarin ada gerakan turun ke lapangan untuk jemput bola sebab dengan besarnya tunggakan itu, PDAM kesulitan melakukan eksepansi pemeliharaan peralatan dan lain sebagainya," ujarnya.

Sehingga PDAM selama ini tergantung subsidi pemerintah daerah. Subsidi dari Pemkab Katingan itu setiap tahun untuk PDAM mencapai Rp 1, 3 miliar yaitu subsidi selisih tarif.

Sementara dari pelanggan setiap bulan selalu ada tunggakan sekitar 80-100 tunggakan sehingga mengganggu operasional.

Pemkab Katingan juga meminta PDAM meningkatkan efisiensi kinerjanya termasuk peralatan, dan pembenahan manajemen.

Wabup menambahkan jumlah piutang tunggakan pelanggan PDAM sebesar Rp 5 miliar itu adalah merupakan akumulasi sejak Katingan masih menginduk Kabupaten Kotawaringin Timur. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru