Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Belum Terima Dana PEN

  • Oleh Hendri
  • 25 Januari 2021 - 18:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya belum menerima dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Padahal tahun lalu sudah diusulan untuk menyokong sejumlah program yang dijalankan guna memulihkan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19.

"Kita masih berharap di tahun ini, karena tahun lalu masih belum dapat mengingat banyak juga daerah lain yang mengusulkan," kata Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Senin 25 Januari 2021.

PEN daerah merupakan salah satu instrumen penting penyelamatan perekonomian sebagai dampak pandemi Covid-19. Setiap daerah yang berada dalam situasi sulit dapat mengajukan pinjaman.

Ada 2 jenis pinjaman yang bisa diperoleh. Pertama, pinjaman PEN Daerah yang sumber dananya dari APBN dan pinjaman dukungan program PEN yang sumber dananya dari PT SMI.

Kriteria daerah yang dapat mengajukan PEN diatur dalam PMK No. 179/PMK.07/2020 tentang Perubahan PMK No. 105/PMK.07/2020. Yakni daerah terdampak pandemi Covid-19 dan memiliki program atau kegiatan pemulihan ekonomi.

Pemko Palangka Raya sebenarnya sudah menjalankan program tersebut sejak pertengahan tahun 2020. Berbagai sektor usaha baik UKM hingga pertanian dibantu agar tetap produktif pada masa pandemi. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru