Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kotawaringin Barat Gelar Latihan Gabungan Simulasi Penanganan Bencana Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 27 Januari 2021 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kotawaringin Barat menginisiasi latihan gabungan simulasi penanganan bencana banjir, Rabu, 27 Januari 2021 sekitar pukul 09.00 WIB.

Simulasi yang digelar di Desa Batu Belaman, Kecamatan Kumai tersebut dihadiri langsung Bupati Kobar, Hj Nurhidayah dan diikuti personel gabungan dari Polres, TNI, Brimob, BPBD, Dinkes, Basarnas, Satpol PP dan Damkar, Senkom, serta Orari.

Kapolres Kobar, AKBP Devy Firmansyah mengungkapkan simulasi ini digelar mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim hujan dan berpotensi terjadinya banjir.

Selain itu, pelibatan instansi terkait dalam kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas serta forum persamaan persepsi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

"Apabila ada banjir yang melanda pada salah satu kecamatan di Kobar, personel yang sudah mengikuti simulasi ini setidaknya ada bekal dan siap diterjunkan ke lapangan," kata Devy.

Dia juga menjelaskan, simulasi ini dibagi menjadi tiga skenario, di antaranya kedatangan dan pendistribusian logistik bantuan, penyelamatan korban yang terjebak banjir, dan pencarian korban tenggelam.

Dia berharap, dengan adanya simulasi tersebut, seluruh personel dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan sebaik mungkin.

"Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama. Sehingga perlu kesiapan dalam menghadapi segala kemungkinan, terutama personel dan peralatan," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru