Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Rotan Saat ini Berpihak Kepada Petani

  • Oleh Naco
  • 07 Februari 2021 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, H. Abdul Kadir mengaku senang karena harga rotan saat ini berpihak kepada petani.

Apalagi ditengah pandemi seperti ini  rotan merupakan salah satu komoditas yang bisa menyelamatkan perekonomian masyarakat sehingga tetap stabil dan mampu bertahan.

"Alhamdulillah saat ini harganya mencapai Rp4.000 per kilogram, makanya petani banyak yang memanen. Mudah-mudahan selalu stabil. Apalagi kalau harganya sampai tembus Rp4.500, ini sangat menguntungkan bagi petani kita," kata Abdul Kadir, Minggu, 7 Februari 2021.

Politisi Partai Golkar ini memberi perhatian serius terhadap kondisi sektor rotan. Banyak warga di daerah pemilihan yang diwakilinya yaitu Kecamatan Baamang dan Seranau yang merupakan petani, perajin dan pelaku usaha rotan.

Sektor rotan kata dia masih menjadi andalan penghasilan sebagian masyarakat Kotawaringin Timur. Rotan di Kotawaringin Timur dibudidayakan oleh masyarakat secara turun-temurun.

Menurut Kadir, sektor ini terpuruk ketika pemerintah pusat melarang ekspor rotan mentah pada akhir 2011 lalu. Kini sektor rotan mulai menggeliat dan diharapkan terus membaik sehingga diharapkan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Sebelumnya harga rotan sempat Rp2.600 per kilogram, kemudian berangsur naik hingga kini menjadi Rp4.000 per kilogram. Perkembangan positif ini diharapkan terus terjadi karena sebagian besar masyarakat memasarkan rotan mentah.

"Harga Rp 4.000 per kilogramnya ini cukup masuk hitungan dan menguntungkan. Mudah-mudahan harga rotan terus naik. Saat ini petani sedang bersemangat memanen rotan karena harganya naik," tandasnya.(NACO/B-5)

Berita Terbaru