Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas PMD Kapuas Persiapkan Pilkades Serentak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Februari 2021 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas terus mempersiapkan terkait pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 ini.

Terlebih, akan ada sebanyak 155 desa di Kabupaten Kapuas, yang saat ini tengah bersiap untuk melaksanakan Pilkades serentak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Yanmarto mengatakan, sejauh ini persiapan pertama pihaknya sudah menyampaikan ke DPRD Kapuas untuk revisi Perda tentang pelaksanaan Pilkades.

Termasuk peraturan bupati (Perbup)-nya juga akan disampaikan ke dewan untuk disinkronisasikan. "Nanti mungkin ada Perbup baru tentang Pilkades dalam masa pandemi Covid-19," kata Yanmarto, Kamis 11 Februari 2021.

Lebih lanjut, ia menuturkan persiapan lainnya, nantinya akan membentuk tim panitia pelaksanaan Pilkades dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

"Berdasarkan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 itu kita harus melibatkan forkopimda untuk tim panitia pelaksanaan Pilkades," tuturnya.

Selain itu, bahwa yang paling penting adalah melaksanakan sosialisasi Pilkades baik kepada panitia pelaksana maupun kepada seluruh bakal calon kepala desa (kades).

"Karena melalui sosialisasi itu kita akan bimbing dan kita arahkan bagaimana menjadi peserta calon kades yang baik, termasuk bagaimana menyelesaikan perselisihan dan lainnya," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru