Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MIN 3 Kapuas Lakukan Cek Data Emis Peserta Didik Pastikan Valid

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Februari 2021 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Memasuki tahun ajaran 2020/2021
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Kapuas melakukan pengecekan data siswa peserta didik lewat aplikasi Education Management Information System (Emis).

Kepala MIN 3 Kapuas, H Saliman mengatakan pengecekan dilakukan sebagai langkah awal dalam mempersiapkan data yang valid sebelum dilakukan pengiriman.

Ia menuturkan bahwa untuk semua data yang menyangkut siswa maupun tenaga pendidik harus sesuai dan valid dalam aplikasi Emis, mengingat Emis adalah suatu aplikasi yang dimana semua terpadu di dalamnya, sehingga kevalidan data menjadi dasar untuk mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Biasanya setiap awal tahun ajaran kita selalu cek data yang ada di aplikasi Emis, tujuannya selain untuk kelengkapan usulan dana BOS juga mengecek data tenaga pendidik kalau ada perubahan, misalnya perubahan pendidikan," kata Saliman, Senin 15 Februari 2021.

Lebih lanjut, ia menyampaikan pengecekan data Emis harus dilakukan terutama data siswa harus sesuai dengan Kartu Keluarga sehinga nama siswa, nama orangtua dan alamat siswa benar-benar valid.


Bahkan, lanjut dia pihaknya juga meminta copy akta lahir siswa untuk bahan perbandingan dalam penginputan nama di aplikasi Emis.

“Ketelitian operator dalam menginput data siswa menjadi perhatian serius hal ini agar dikemudian orangtua siswa tidak ada yang mengajukan keluhan karena terdapat nama yang salah terutama dalam penulisan ijazah siswa nanti," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru