Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekolah Perlu Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Kasus Pencurian

  • Oleh Anthoneal
  • 16 Februari 2021 - 16:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Beberapa waktu lalu, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kuala Kurun disatroni pencuri. Dalam melakukan aksinya, pelaku itu berhasil menggondol dua unit laptop dan satu buah tabung gas 12 kilogram.

Atas kejadian ini, sekolah yang ada di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) perlu meningkatkan kewaspadaan. ”Kejadian pencurian ini harus menjadi pelajaran bagi sekolah lainnya, agar lebih berhati-hati. Harus tingkatkan kewaspadaan, untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian,” ucap anggota DPRD Gumas Pebrianto, Selasa (16/2).

Belajar dari kejadian pencurian yang dialami SDN 3 Kuala Kurun, lanjut dia, maka pihak sekolah harus menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi sehingga kejadian yang serupa tidak terulang, baik di SDN 3 Kuala Kurun maupun sekolah lainnya.

”Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengantisipasi terjadinya pencurian, yakni menambah gembok pengaman dan memasang terali,” ujar Legislator dari daerah pemilihan (dapil) II mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Apabila dirasa perlu, sekolah sebaiknya mempekerjakan penjaga malam. Yang tidak kalah penting adalah para guru jangan meninggalkan barang berharga di sekolah. Jika memang harus ditinggal di sekolah, maka harus dipastikan bahwa barang berharga tersebut tersimpan di ruangan yang lebih aman.

”Pada kesempatan ini, kami juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Gumas, yang telah berhasil mengamankan pelaku pencurian,” tutur Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  ini.

Sementara itu, Kepala SDN 3 Kuala Kurun Belie mengatakan pihaknya akan belajar dari peristiwa kemalingan itu, supaya kejadian yang sama tidak terulang kembali dikemudian hari.”Kami sudah berencana untuk menambah terali, supaya lebih aman. Selain itu, sekolah juga berencana akan memasang kamera Closed Circuit Television (CCTV),” pungkasnya. (nth)

Berita Terbaru