Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perlu Keseriusan Agar Masalah Tanah Kuburan Tidak Berlarut-larut

  • Oleh Naco
  • 19 Februari 2021 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Rimbun menegasakan perlu keseriusan agar masalah tanah kuburan tidak berlarut-larut. 

Menurut Rimbun masalah tersebut jangan dibiarkan, karena itu nantinya akan jadi bola panas dan membuat masalah semakin rumit. 

"Jangan sampai ganti bupati, ini dibahas dari nol lagi, akhirnya semakin ribet lagi," kata Rimbun, Jumat, 19 Februari 2021. 

Rimbun menjelaskan bahwa lahan pemakaman di Jalan Jenderal Sudirman Km 6 Sampit disiapkan pemerintah kabupaten telah dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Kotawaringin Timur pada 1987 dengan luas 1.500 m x 1.000 meter untuk tempat pemakaman seluruh agama.

Menurutnya lahan itu disiapkan pemerintah kabupaten sebagai kompensasi atas kesediaan warga untuk pemindahan makam warga Tionghoa di tempat pemakaman Jalan MT Haryono yang kini berdiri Terminal Patih Rumbih dan Mall Pelayanan Terpadu.

"Masalah muncul pada 2015 karena adanya klaim oleh warga terhadap sebagian lahan kuburan tersebut. Bahkan warga menunjukkan bukti kepemilikan berupa sertifikat sehingga ini menjadi masalah besar bagi pemerintah yang mencadangkan lahan tersebut untuk tempat pemakaman seluruh agama," tukasnya.

Fakta di lapangan lahan itu, banyak berdiri bangunan bahkan perumahan warga di lokasi yang diklaim dulunya telah dicadangkan untuk pemakaman umat masing-masing agama. (NACO/B-5)

Berita Terbaru