Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Gelar Pembekalan Pembuatan Soal Ujian Madrasah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Februari 2021 - 14:05 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kapuas menggelar kegiatan pembekalan pembuatan soal Ujian Madrasah, bertempat di Aula kantor Kemenag setempat pada Rabu 24 Februari 2021.

Pembekalan itu diberikan kepada para guru kelas dan guru pengampu mata pelajaran pada jenjang MI, MTs, dan MA serta dari perwakilan Kelompok Kerja Madrasah, Kelompak Kerja Guru dan perwakilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag H Sajarwan membuka langsung kegiatan, yang juga dihadiri Kepala Disdik Kapuas Suwarno Muriyat, dengan menerapkan protokol kesehatan dengan peserta terbatas.

"Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi guru madrasah dalam pembuatan soal-soal ujian, menghadapi ujian madrasah tahun pelajaran 2020/2021," kata Sajarwan.

Menurut dia kegiatan pembekalan pembuatan soal ujian madrasah yang dilaksanakan kali ini adalah salah satu bentuk konkrit dari upaya bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya untuk madrasah, terlebih di masa pandemi ini.

"Harapan kami peserta yang mengikuti pembekalan ini dapat memahami materi yang disampaikan nara sumber agar nantinya dapat diaplikasikan dalam pembuatan soal-soal," harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kapuas, Suwarno Muriyat mengapresiasi kegiatan pembekalan soal Ujian
Madrasah tahun Pelajaran 2020/2021, yang dilaksanakan Kemenag Kabupaten Kapuas.

"Kemenag Kapuas melaksanakan pembekalan penyusunan soal ujian, bukan hanya soal-soal yang biasa tetapi soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Jadi bagaimana soal yang dibuat guru membuat anak-anak berfikir kritis membikin cerdas kemudian karakternya juga dibangun," ucap Suwarno.

Ia menuturkan muara proses pembelajaran peserta didik yakni pada evaluasi atau ujian. "Evaluasi yang bagus adalah soal-soal yang bisa merespon, menstimulus anak-anak supaya tumbuh kembang dengan baik," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru