Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng: Kelestarian Kearifan Lokal dan Seni Budaya Harus Tetap Dijaga

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Februari 2021 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Suatu daerah yang ada di Indonesia khusususnya Kalteng pasti memiliki begitu banyak kearifan lokal dan seni budaya yang semestinya harus tetap dijaga kelestariannya.

Hal ini perlu dilakukan agar keberadaan warisan turun temurun tersebut tidak punah meski arus perkembangan jaman begitu maju dengan pesat.

"Kearifan lokal dan seni budaya yang ada di Kalteng ini kelestariannya harus tetap dijaga, sebab ini murupakan ciri khas serta jati diri dari suatu daerah," kata Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Andayani, Sabtu, 27 Februari 2021.

Ia menjelaskan ada beberapa kearifan lokal dan seni budaya yang sudah mulai meredup akibat tergerus oleh perkembangan jaman saat ini yaitu karungut serta pernak-pernik khas suku Dayak Kalteng.

Mirisnya lagi, justru kehadiran kebudayaan luarlah yang menjadi minat oleh kalangan anak muda, sehingga membuat untuk mencintai kearifan lokal maupun seni budaya daerahnya sendiri tidak lagi diminati.

"Ini menjadi pekerjaan kita bersama dalam upaya mengembalikan minat anak muda untuk mencintai kebudayaan dayak Kalteng, sehingga kearifan lokal dan seni budaya kita tidak lekang oleh waktu," imbuhnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru