Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Basarnas Komitmen Siaga Hadapi Kondisi Kedaruratan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Februari 2021 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau dikenal Basarnas, berkomitmen untuk selalu siaga dalam mengahadapi kondisi kedaruratan, terutama di wilayah kerja Kalimantan Tengah (Kalteng). 

"Respon cepat kedaruratan menjadi komitmen kami. Sehingga kami selalu siaga setiap harinya," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya, Muhammad Haryadi di Sampit, Minggu, 28 Februari 2021. 

Kesiapsiagaan tidak hanya dari personel saja, namun juga sarana dan prasarana. Sehingga, jika menerima laporan atau dibutuhkan, akan langsung bergerak. 

Hal itu dilakukan sesuai dengan penekanan Kepala Basarnas Pusat Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, quick response atau respons cepat menjadi bagian dari response time. Yakni pergerakan tim SAR sesaat setelah menerima laporan atau melihat langsung kondisi kedaruratan sampai di lokasi kejadian. 

"Kami bersyukur response time Basarnas Kalteng selama ini sudah cepat, sekitar 30 menit setelah kejadian sudah berada di lokasi," kata Haryadi. 

Kecepatan response time tersebut juga didukung penuh oleh Potensi SAR, khususnya Potensi SAR terdekat dengan lokasi kedaruratan sebagai tindak awal sebelum tim SAR tiba di lokasi kejadian.

Tugas pokok Basarnas sendiri yakni mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi korban yang disebabkan oleh kecelakaan transportasi seperti penerbangan, pelayaran, bencana alam. Basarnas juga bisa membantu pada tanggap darurat bencana oleh pemerintah daerah maupun pada kondisi membahayakan manusia.

Sementara itu, Kantor SAR Palangka Raya mulai beroperasi sejak Januari 2020. Kantor itu berdiri sendiri setelah sebelumnya di bawah Kantor SAR Banjarmasin. Saat ini, Kantor SAR Palangka Raya membawahi seluruh wilayah Kalimantan Tengah, dengan diperkuat 24 aparatur sipil negara (ASN) tersebar di empat tempat.

Di antaranya, Kantor SAR Palangka Raya, Pos SAR Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, Pos SAR Sampit dan rescue boat atau kapal 305 yang ada di Sampit Kotim.

Di sisi lain, pada Minggu, 28 Februari 2021, pihaknya mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun ke-49 Basarnas secara virtual di Markas Komando Pos SAR Sampit. Peringatan hari ulang tahun dilaksanakan secara sederhana karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Berita Terbaru