Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

60 Hektare Lahan Terbakar, Tim Penanganan Bakal Bangun Sekat dan Embung di Lokasi Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Maret 2021 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah di Posko Penanganan Karhutla yang berlokasi di Km 12 Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama (Kolam) mengatakan, sejak mulai terbakar Jumat, 26 Februari 2021 hingga Senin, 1 Maret 2021 luas lahan yang terbakar sudah sekitar 60 hektare.

Menurut Bupati Kobar, karena sulitnya sumber air dan mencegah lahan yang terbakar semakin meluas, rencananya tim penanganan karhutla bakal membuat sekat bakar dan embung disekitar lokasi karhutla.

"Ada dua alat berat yang diturunkan ke lokasi. Titik yang akan dibangun embung dan sekat bakar tersebut, nantinya bakal ditentukan tim teknis," jelasnya.

Bupati menjelaskan dari hasil ploting terhadap lokasi karhutla tersebut, lahan yang terbakar diduga milik dua kelompok tani.

"Saat ini pihak terkait masih memeriksa apakah ada unsur kesengajaan atau tidak terjadinya karhutla dilokasi tersebut," jelasnya.

Bupati mengimbau untuk mencegah terjadinya bencana karhutla, harapannya warga tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Untuk membantu masyarakat dalam membuka lahan, sebenarnya masyarakat bisa mengajukan permohonan peminjaman alat berat pada Pemkab Kobar," jelasnya. 

Namun karena keterbatasan alat, tentunya pelaksanaannya tidak bisa sangat cepat, lantaran harus bergantian. 

"Walau demikian kami mohon kerjasamanya, untuk bersabar dan tidak melakukan upaya pembakaran lahan karena hal tersebut potensibmenimbulkan karhutla," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru