Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Semua Instansi di Barito Selatan Diimbau Siaga Karhutla

  • Oleh Uriutu
  • 02 Maret 2021 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Kepala Pelaksana BPBD Barito Selatan, Alip Suraya menyebutkan ada imbauan dari Bupati Barsel agar semua instansi terkait siap siaga menghadapi karhutla.

"Bupati Barsel memberikan imbauan kepada BPBD, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), termasuk kantor kecamatan, kelurahan, pemerintah desa, dan RT,” kata Alip Suraya, Selasa, 2 Maret 2021.

Dia mengatakan, bencana merupakan tanggungjawab bersama, sehingga antar instansi bisa saling mengisi dan saling melengkapi.

Alip Suraya juga meminta masyarakat memberikan informasi apabila terjadi bencana sehingga pihaknya bisa bergerak dengan cepat untuk mengatasinya.

"Pada prinsipnya kami sudah siap, baik dari peralatan maupun petugas dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan," beber dia.

Menurutnya, langkah preventif juga telah dilakukan. Setidaknya kawasan yang menjadi rawan bencana telah dilakukan sosialisasi baik maklumat Kapolri dan maklumat Kapolda kalteng tentang sanksi bagi pelaku pembakaran.

Dia menambahkan membangun kesadaran bersama dalam upaya meningkatkan kemandirian dan keswadayaan masyarakat dinilai perlu.

“Siaga bencana baik karhutla, banjir dan bencana lainnya harus menjadi budaya. Kita semua harus selalu siap siaga dimana pun dan kapan pun,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru