Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab, TNI-Polri Gelar Apel Personel dan Sarpras Kesiapan Hadapi Karhutla

  • Oleh Uriutu
  • 04 Maret 2021 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan bersama TNI-Polri melaksanakan apel gelar personel dan sarana prasarana dalam rangka kesiapan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan. Apel gabungan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Barsel, Kamis, 4 Maret 2021.

Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir mengajak semua elemen untuk bersama-sama menjaga kebakaran hutan dan lahan, agar tidak terjadi di wilayah Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus.

“Kita meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tidak terjadi kebakaran. Saya juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan segera apabila mellihat ada kebakaran sekecil apapun,” kata Aty Djoedir kepada Borneonews.

Ia menjelaskan, dengan adanya kekuatan personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung penanggulangan bencana Karhutla ini, diharapkan siap siaga saat diturunkan apabila terjadi musibah kebakaran.

“Kita juga harus sadar bahwa bencana bisa datang kapanpun dan dimanapun. Oleh sebab itu kesiapan personil dan sarana pendukung sangat menentukan,” jelas dia.

Menurutnya, penanggulangan bencana khusunya Karhutla wajib dilaksanakan secara sinergis antara TNI-Polri serta instansi lainnya serta masyarakat dan bertindak sebagai leading sektornya adalah BPBD.
Saat ini, sambung dia, peralatan sarana pendukung yang dimiliki oleh masing-masing instansi dalam menanggulangi bencana karhutla sangat terbatas.

“Oleh sebab itu perlu kerjasama dan koordinasi dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan dan Satgas penanggulangan bencana, sehingga siap bergerak jika musibah karhutla terjadi,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru